Articles

Jumat, 14 Maret 2014

PIK-R "Bina Ceria" SMA Negeri 1 Dukuhwaru



PIK Remaja  adalah suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

Remaja dalam bahasa latinnya adalah adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik. Pada masa ini remaja sebenarnya belum memiliki tempat yang jelas karena ia belum diposisikan dewasa namun ia juga bukan anak-anak. Dimana orang sering menyebutnya usia tanggung
Masa remaja adalah masa mulainya perubahan-perubahan yang terjadi pada remaja baik dari sisi fisik maupun perubahan emosi hingga perubahan organ reproduksinya. Masa remaja juga adalah masa seorang remaja mulai mencari jati dirinya, kadangkala di dalamnya terjadi konflik-konflik jika remaja tersebut tidak mampu mengenali dirinya sendiri serta tidak mampu menangani masalah yang menimpanya.
Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Masa remaja seperti ini oleh Bank Dunia disebut sebagai masa transisi kehidupan remaja. Transisi kehidupan remaja oleh Bank Dunia dibagi menjadi 5 hal (Youth Five Life Transitions). Transisi kehidupan yang dimaksud menurut Progress Report World Bank adalah:

·         Melanjutkan sekolah (continue learning)
·         Mencari pekerjaan (start working)
·         Memulai kehidupan berkeluarga (form families)
·         Menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship)
·         Mempraktekkan hidup sehat (practice healthy life).


Nah Lalu Apa itu PIK-R Bina Ceria ??
PIK-R Bina Ceria Sebagai Sarana wadah program reproduksi kesehatan yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang kesehatan reproduksi serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya yang bertempat Di SMA Negeri 1 Dukuhwaru, Tegal, Jawa Tengah
PIK-R Bina Ceria SMA N 1 Dukuhwaru sebagai Wadah untuk Membangun Hubungan yang Harmonis dengan Remaja
Agar arah peningkatan akses dan kualitas pengelolaan dan pelayanan PIK-R Bina Ceria maka pengembangan dan pengelolaannya diarahkan sebagai berikut:

Menjadikan PIK-R Bina Ceria yang dikembangkan dan dikelola dari, oleh dan untuk remaja.
Menjadikan PIK-R Bina Ceria sebagai sumber saluran informasi yang memperjelas pengetahuan, dan skill remaja melalui konseling teman sebaya dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan narasumber yang berkompeten.
Menjadikan seluruh kegiatan PIK-R Bina Ceria  yang ramah remaja (adolecents friendly)
Menjadikan PIK-R Bina Ceria sebagai wadah untuk menintegrasikan asset (materi dan isi pesan) dan pengembangan sumber daya (dukungan dan jaringan).
Upaya dalam membangun hubungan yang harmonis dengan remaja dalam PIK-R Bina Ceria dilakukan dengan beberapa kiat konselor antara lain:
Meluangkan waktu yang cukup agar hubungan menjadi akrab.
Mendengarkan masalah-masalah yang dihadapi remaja dan berusaha memberikan pemecahannya.
1.    Lebih banyak mendengar dan berbicara.
2.    Merasa tahu lebih banyak daripada siswa.
3.    Cenderung memberikan arahan daripada nasehat.
4.   Mendengarkan dahulu yang dialami dan dirasakan oleh remaja.
5.    Memberikan kesempatan kepada remaja untuk mengemukakan permasalahannya.
6.   Menerima kenyataan yang dialami remaja.
Upaya-upaya di atas dapat terlaksana dengan baik mengingat konselor menumbuhkan komunikasi yang baik dengan usaha-usaha sebagai berikut:

Ø  Berusaha menghilangkan jarak antara orang tua dan remaja agar tidak ada rasa takut dalam mengungkapkan permasalahan yang dihadapi.
Ø  Berusaha memberikan informasi yang jelas agar remaja tidak mencari jawaban di tempat yang salah.
Ø  Berusaha menerima perasaan, mendengar dan berbicara menggunakan bahasa remaja.
Ø  Aktualisasi PIK-R Bina Ceria sebagai Pusat Informasi Perkembangan Remaja di SMA Negeri 1 Dukuhwaru.

SMA Negeri 1 Dukuhwaru  sebagai komunitas sosial akademik memberikan peluang adanya kelompok-kelompok siswa yang mempunyai kecenderungan siswa lebih terbuka (membuka diri) pada sahabat, teman sebaya atau teman dalam kelompok membicarakan masalah-masalah yang di hadapi dalam keluarga, hal-hal baru dalam masa-masa pubertas organ-organ reproduksi ataupun masalah-masalah yang menyangkut keingintahuan terhadap narkoba dan miras.

PIK-R Bina Ceria sebagai Pusat Informasi Perkembangan Remaja di SMA Negeri 1 Dukuhwaru sebagai wadah dan saluran komunikasi remaja secara intensif menyelenggarakan berbagai kegiatan konseling yang rutin baik secara umum, kelompok ataupun perorangan dengan sedapat mungkin memberikan pandangan-pandangan positif yang harus perlu dilakukan remaja seperti:
Berbagi rasa dengan keluarga/orang tua atau orang yang dituakan di rumah, dengan memberikan pengertian bahwa:
(a) keluarga merupakan bagian penting pada masa pubertas,
(b) keluarga merupakan tempat berbagi rasa mengenai berbagai permasalahan,
(c) keluarga sahabat yang terbaik yang paling memahami diri remaja,
(d) orang tua pernah mengalami masa-masa remaja.
 Memberikan pandangan untuk mencari sahabat dengan asumsi dengan sahabat biasanya ada kesamaan pandangan, saling terbuka dan saling jujur dan sahabat adalah tempat curhat persoalan-persoalan yang tidak dapat didiskusikan oleh keluarga. Konselor menyarankan agar memilih sahabat yang sama-sama memiliki pandangan positif bukan yang menjerumuskan.
Tujuan PIK Bina Ceria
1. Memberikan Informasi KRR pada remaja
2. Memberikan Pelayanan Konseling baik medis / non medis
3. Terwujudnya remaja yang sehat,bertanggug jawab
4. Terwujudnya remaja yang senantiasa menjaga kesucian lahiriah dengan meng-hindari seks bebas.
5. Terwujudnya remaja yang memahami arti pentingnya reproduksi bagi kelangsu-ngan kehidupan manusia sehingga terhindar dari bahaya HIV/AIDS,PMS, dan penyalahgunaan NAPZA.