Articles

Kamis, 21 Mei 2015

Materi Lomba Pidato PIK R Tingkat Provinsi

Oleh : Devi Bela Efendi

PUISI
DERAI HIDUP

TIDAKKAH KAU LIHAT ...
ANAK KECIL BERLARI KESANA KEMARI...
HANYA UNTUK MENDAPAT...
SEGELINTING UANG LOGAM...

PENDIDIKAN TAK DAPAT LAGI DIRASAKAN...
STATUS DAN EKONOMI YANG TELAH MENGIKAT...
KELAPARAN SUDAH MENJADI BAGIAN DARI DIRINYA ...
SEPERTI INIKAH KEHIDUPAN SEKARANG...







Assalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulilahirobil alamin wabihinastainu ‘ala umuriddunya waddin, wassolatu wassalamu’ala asrofil anbiyaa-iwal mursalin, wa’ala alihi waashabihi ajma’in ammaba’du.
Yang terhormat Kepala BPPKBN Kabupaten Tegal dan Dewan Juri yang saya hormati. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah yang maha kuasa, yang telah memberikan kita rahmat dan hidayah, sehingga kita dapat bertatap muka dalam keadaan sehat walafiat. Sholawat serta salam senantiasa terlimpahkan kepada nabi kita muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman kegelapan keera penuh cahaya.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Demografi dan ketenagakerjaan”.
Hadirin yang dimuliakan Allah
Demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang kependudukan khususnya mengenai kelahiran, perkawinan, kematian, dan perpindahan. Tingkat kelahiran jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kematian sesorang. Hal tersebut menyebabkan jumlah penduduk terlalu banyak, sedangkan lahan semakin menyempit. Suatu daerah yang memiliki jumlah penduduk terlalu banyak akan melakukan perpindahan salah satunya urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa kekota, dengan tujuan untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Sedangkan jumlah penduduk yang menetap dikota semakin banyak. Keterbatasan sandang, pangan, dan papan memicu timbulnya persaingan antar individu untuk mampu mempertahankan hidupnya.
Remaja mempunyai kaitan yang sangat besar dengan pertumbuhan penduduk. Remaja merupakan tunas-tunas pembentuk keluarga baru, oleh karena itu remaja harus mencerminkan GENRE didirinya untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.



Hadirin yang terhormat
Indonesia  sendiri merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat didunia. Itu terjadi karena masih banyak keluarga yang belum mengenal program KB. Program KB dimaksudkan untuk meminimalkan dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi. Keluarga yang mempunyai banyak anak sudah jelas memiliki tanggungan yang lebih besar dari pada keluarga sedikit anak. Jika keluarga tidak bisa memberikan tanggungan kepada anak-anaknya, misalkan untuk membiayai hidup, merawat kesehatan, bahkan tidak mampu lagi menyekolahkannya karena terlalu banyak anak. Hal tersebut akan menghambat perkembangan kualitas manusia. Dan apabila tanggungan-tanggungan hidup tidak dapat dikendalikan akan muncul berbagai permasalahan sosial seperti kemiskinan, kriminalitas, kekurangan gizi dan pengangguran.
Hadirin yang terhormat
Lebih-lebih remaja diluar sana banyak melakukan penyimpangan seperti seks bebas, pernikahan dini dan hamil diluar nikah. Muncul berbagai kejadian aborsi, pembuangan anak, bahkan mutilasi disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang agama, pendidikan dan kermatangan pola pikir. Kepadatan penduduk apabila tidak diimbangi dengan kualitas hidup akan berefek negatif. Kita adalah remaja yang bergenre, yaitu pemuda yang memiliki pengetahuan mulai beredukasi dari generasi muda untuk menciptakan penduduk yang berilmu. Kita harus berani “Say no to free sexs”. Terapkan pada diri kita hidup sehat dan berjalan dengan pendidikan mengenal tentang program KB (Dua anak cukup).
Hadirin yang terhormat
Kesenjangan sosial ekonomi di Indonesia mempunyai implikasi yang kompleks. Ekonomi menjadi penting dalam peranan stabilitas sosial, karena awal mula dimulai dari kemampuan negara dalam hal menyejahterakan rakyat.
Negara diharapakan mampu membuat atau menciptakan sarana-sarana dan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kehidupan rakyatnya. Akan tetapi, dengan jumlah penduduk yang sangat banyak sedangkan lapangan pekerjaan terbatas dapat menimbulkan konflik. Minimnya lapangan atau kesempatan kerja mengakibatkan semakin tingginya jumlah pengangguran dan angka kemiskinan di Indonesia. Pengangguran berdampak sangat negatif terhadap proses pembangunan perekonomian negara. Membuat anggota masyarakat terstratifikasi menjadi kelas-kelas seperti kelas ekonomi bawah, kelas ekonomi menengah, dan kelas ekonomi atas.
Hadirin yang terhormat
Suatu kebudayaan mungkin berubah sedemikian rupa apabila anggota masyarakat merasa bahwa kebutuhan-kebutuhannya tak dapat di penuhi oleh kebudayaannya problema-problema sosial timbul karena tidak adanya integrasi yang harmonis antara lembaga-lembaga kemasyarakatan. Pemerintah mempunyai peranan penting dalam mengantisipasi dan mengatasi masalah-masalah ketenagakerjaan diantaranya meningkatkan kualitas dan produktifitas tenaga kerja, seperti menyelenggarakan pelatihan pencari pekerja untuk menciptakan tenaga kerja yang kreatif, memperluas dan mengembangkan kesempatan kerja didalan negeri. Mendorong dan memfasilitasi penciptaan wirausaha baru.
Hadirin yang terhormat
Semkin tinggi pertumbuhan penduduk akan semakin rendah kualitas hidup, semakin kurangnya pengetahuan akan semakin sulit menjalani hidup ini. Kehidupan dipengaruhi oleh pendidikan dan kesehatan. Dengan kesehatan yang baik kita mampu beraktifitas normal dan membangun bangsa dan negara.

Oleh karena itu untuk mengurangi laju pertumbuhan penduduk, marilah kita menerapkan program KB bagi keluarga-keluarga. Remaja selayaknya mengetahui pentingnya kesehatan reproduksi remaja dan pendewasaan usia perkawinan yang bisa didapat dari organisasi PIK Remaja yang ada disekolah atau bisa juga dari internet yang mudah didapatkan.
Hadirin yang terhormat
Demikianlah pidato yang saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan. Semoga pidato ini bermanfaat bagi kita untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Wabillahitaufik walhidayah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb